Jumat, 25 November 2011

Puding Kupu Kupu

Puding Kupu Kupu

 Bahan lapisan Putih
Nutri Jell plain/bungkus biru 15 gram
Gula pasir 200 gram/sesuai selera
Santan kental kurleb 300 mL
Air kurleb 400 mL

Bahan lapisan Coklat
Nutri Jell Coklat 15 gram
Gula pasir 200 gram/sesuai selera
Dark coking coklat/coklat block sekitar 100 gram
Air kurleb 500 mL
Masak semua bersama dengan api sedang sambil diaduk aduk, setelah mendidih sisihkan. Lapisan Putih harus dimasak terlebih dahulu beberapa saat sebelum lapisan coklat siap.



Cara Masak :
Campurkan semua bahan lapisan putih diatas dalam satu panci, panaskan dg api sedang sambil aduk aduk sampai mendidih. Setelah itu matikan api, dan tuang bahan lapisan putih ini ke cetakan berbentuk elips silinder seperti pada gambar. Agar cepat dingin , rendam cetakan dalam mangkok /wadah berisi air dingin/es. Setelah dingin, masukkan cetakkan berbentuk kupu kupu (inner) kedalam cetakan elips silinder (outer) yang sudah terisi agar agar padat/lapisan putih, tekan hingga tercetak bentuk kupu kupu.
Kemudian balikkan /tunggingkan cetakkan elips silinder (outer) nya (semoga ngerti yah maksudnya ) , dan keluarkan cetakan kupu kupu (inner) bersama agar agar bentuk kupu kupu hasil cetakkannya.
Balikkan kembali cetakkan silinder elips (outer) yang berisi agar agar yang telah tercetak dg bentuk rongga model kupu kupu , kemudian isi rongga ini dengan lapisan coklat sedikit demi sedikit hingga berbentuk kupu kupu, beku kan dan siap disajikan setelah dipotong potong






Tips :
  1. Agar mudah dilepaskan, sebelum dipakai bilas cetakkan dg air (tanpa di lap)
  2. Agar lapisan Coklat dan Putih menyatu sempurna, masukkan ketika bahan lapisan Coklat masih panas
  3. Sisa pudding yang ada didalam cetakan kupu kupu bisa digunakan sebagai isian model kupu kupu pada puding yang lainnya (Bisa menggunakan cetakan mangkuk plastic/loyang seng untuk outernya (pengganti cetakan silinder elips)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih kunjungannya, order/pertanyaan via SMS only : 081 2375 8388 - thanks for your coming