Jumat, 25 November 2011

Caramel Cake alias Sarang Semut

Sarang Semut (Caramel Cake)


Sumpritttt seumur umur seingatku, sebelumnya sy belum pernah bikin Caramel Cake ini. Bukan apa apa, dari penampakannya saja blasss sama sekali saya pribadi kurang tertarik , meski Pak Kamto aka Mas Budi Ayah Anin dan Fahri bilang suka dengan kue ini tidak juga menggoyahkan iman saya untuk belajar membuatnya.

Bagi Dkers (teman teman Djeng Kamto) yang suka dengan kue ini, maaf seribu maaf , boleh khan saya berpendapat ??

Menurut saya kue ini kok ndeso bangetttttt, meski saya aseli juga orang ndeso tapi secara rasa kue ini blass tidak mengena di lidah saya.

Bukan “Nggaya” atau “sumbung “ (baca sombong) , menurut saya gethuk singkong kok jauh lebih enakkk dibanding makanan ini hi hihi …perbandingannya tidak Apple to Apple yach…parah banget Cake kok dibandingkan dengan Gethuk !!!!!
Sudah gitu lihat resep/cara pembuatannya aduh makkkk….ribetnyaaa….
Saya juga nggak ngerti darimana dan bagaimana sejarah asal muasal Cake ini hingga Caramel Cake aka Sarang Semut ini sampai juga di daerah saya yang lumayan jauh dari keramaian kota hi hi…..
Dan hebatnya si Caramel Cake ini memegang peran sangat penting di dalam hampir setiap hajatan orang orang di daerah saya. Biasanya Caramel Cake ini menjadi salah satu isian dalam snack box orang orang yang sedang mantu, khitanan atau acara tasyakuran !!!
Hingga saatnya tiba ada yang mau mesen snack box , dan menanyakan perihal Sarang Semut ini padaku

Akhirnya hari itu datang juga he he he he ……mau nggak mau harus test drive dan latihan dulu bikin Caramel Cake ini sebelum hari H. Resepnya asal comot di buku resep murah yang gak jelas siapa penerbitnya (Penulisnya Ny. Ika Wahyuni).
Resepnya kurang jelas, namun dengan trial and error method, dan nanya sana sini plus agak ngawur ngawur dikit Alhamdulillah Caramel Cake nya boleh dibilang suksess….bisa bersarang, meski kurang gossssongggg/kurang hitam warnanya…..berikut resep dan tipsnya

Resep Sarang Semut/Caramel Cake
Bahan :
1 ½ Gelas trigu serbaguna (Segitiga Biru)
½ Gelas tepung Maizena
8 Butir telur ayam
150 gram margarine (Saya pake campuran butter lohhh…tapi nampaknya gak ngefekk )
2 Sdt soda kue
½ Kaleng susu kental manis putih

Bahan Caramel :
2 Gelas gula pasir
2 Gelas air panas




Cara membuat Caramel :
  1. Panaskan gula dalam wajan (saya pake wajan besi jelek) dengan api sedang, sampai meleleh (Jangan diaduk biar gosong gulanya, dan hasilnya cake nya bisa berwarna hitam manis bukan warna coklat spt Caramel saya)
  2. Setelah meleleh, tambahkan air panas (saya pake air mendidih) 2 gelas, aduk aduk. (Pada tahap ini membuat saya bingung, apakah gula meleleh plus air mendidih ini harus direbus sampai “Kemrambut/Bhs Jawa” (Atau liat bersulur sulur spt rambut) atau hanya diaduk aduk sementara ??? Jawabnya , hanya sampai kira kira 10 menit diaduk dg api kecil, dengan hasil yang masih encer/tidak “Kemrambut”. Alasannya kalau “Kemrambut” dan dingin , cairan ini bakal beku alias tidak bisa dimixer.
  3. Dinginkan sampai benar benar dingin, dalam udara ruang, sisihkan
  4. Kocok margarine dengan susu kental manis sampai kental dan putih(Saya pakai mixer kecepatan tinggi), lalu masukkan telur satu per satu (Jangan kaget/takut, penampakkan di kom adonan betul betul seperti adonan bakal bantat, terlihat agak misah antara margarine dan telur)
  5. Masukkan trigu yang telah dicampur dengan Maizena, dan soda kue, sedikit sedikit sampai tercampur rata (Saya pakai mixer kecepatan rendah)
  6. Terahir masukkan cairan Caramel yang telah didinginkan
  7. Tuang kedalam loyang Tulban (yang bolong tengahnya) yang sudah dioles margarine (didasar loyangnya saja) dan bertabur sedikit trigu (Jangan kaget adonannya seolah olah encer, kan memang ada airnya)
  8. Panggang hingga matang suhu sktr 160 Celcius (Manggangnya agak lama, gunakan perasaan Anda plus tes uji tusuk lidi untuk mengetahui kematangannya)


Sekedar info, menurut indra pengecap saya, pemakaian butter aka mentega sebagai campuran margarin didalam resep ini, tidak memberikan banyak pengaruh pada aroma, bahasa gampangnya seolah olah aroma butternya kalah dengan aroma gosong caramelnya…so mungkin bagi DKers yang ingin mencoba resep ini lebih baik gunakan margarine saja he he selain lebih ekonomis juga pemakain butter gak ngaruhhhhh……

Cake ini disajikan dalam bentuk potongan, satu loyang mungkin bisa jadi 20 potong….
Bagi yang ingin repot dan tertarik, silahkan dicoba resepnya…Bagi DKers  yang gak mau repot, dan pingin Caramel Cake ini he heh silahkan pesan ke dapur nya Djeng Kamto, dijamin praktiss tisss…:)  

2 komentar:

  1. Salam Kenal dari baitulkhitankediri.com, kami melayani Khitan Anak & Dewasa di Kota Kediri di dan Juga Kediri Kabupaten (Pare, Ngadiluwih, dan sekitarnya), Khitan Aman, Modern dan Profesional.

    Enak nih... kapan kapan dicoba he he

    BalasHapus

Terimakasih kunjungannya, order/pertanyaan via SMS only : 081 2375 8388 - thanks for your coming