Minggu, 25 Januari 2015

Resep Non Terigu Gadon Rendang Singkong

DKers tercinta ....

Berikut kiriman kedua saya… resep pangan lokal  untuk event NCC Pangan Lokal Week .
Resep ini menggunakan singkong,  tidak mengandung beras, dan tidak mengandung terigu



Ini saya namakan Gadon Rendang Singkong. Gadon dalam bahasa Jawa bisa berarti sesuatu yang di gado/dikudap. Jadi maksudnya gadon rendang singkong ini bukan untuk lauk nasi, tetapi dimakan sebagai kudapan/snack.

Rasanya tentu syedaap , gurih pedas dan mengenyangkan cocok disajikan saat pagi atau siang hari.  Resep nya gini nihh…

Resep Gadon Rendang Singkong
(Untuk sekitar 15 biji - kecil)

Bahan :
Singkong kupas, potong kecil kecil 500 gr
Daging cacah halus 100 gram

Bumbu :
Bumbu rendang  instant 35 gram/1 bks
Cabe rawit giling 2 sdm
Santan kental asli 70 mL (pake santan instant boleh juga tapi kurang sedap)
Asam seruas jari
Garam, gula dan penyedap rasa(bila suka) secukupnya (masing masing sekitar 1 sendok teh)
Maizena 3 sdm dan air kurleb 30 mL untuk pengental

Cara Pembuatan :

Rebus singkong dan daging dalam satu wadah dengan air kurang lebih 700 mL hingga empuk, dan agak asat (berkurang airnya)

Kecilkan api, masukkan bumbu rendang, cabe rawit giling, asam, gula , garam, penyedap secukupnya (bila suka) – icipi rasanya apakah sudah pas atau belum , kemudian aduk hingga rata

Masukkan santan, aduk dan terakhir masukkan maizena yang telah dicairkan
Biarkan hingga agak asat, dan matikan api

Bungkus rendang singkong dengan daun , bentuk kerucut dan sematkan lidi
Kukus hingga tanak (kurang lebih 20 menit)
Sajikan setelah dingin

Gampang kannnn…semoga resep nya bermanfaat yaaa


Promosi Kuliner Lombok :

Bagi teman teman, DKers tercinta yang ingin memesan Ayam Kodok, Mini Tumpeng, Cup Cakes, Cake, Bebek Kukus dkk untuk hantaran di Mataram, Cakranegara, Ampenan - Lombok, Nusa Tenggara Barat  dan sekitarnya silahkan WA/SMS 081 2375 8388 atau silahkan klik http ://djengkamto.blogspot.com



Sabtu, 24 Januari 2015

Resep Non Terigu Talam Pedas Jagung Labu

Dear DKers tercinta,

Apa kabarrrr? Semoga sehat dan bahagia selaluuu yaaa....
Yipppieee akhirnya dapat juga badge dari event NCC Pangan Lokal Week ...
Badge nya imoet dan loetcoe......hi hi ...di bawah ini saya copas aja yaaa..resep yang saya kirimkan ke event keren NCC Pangan Lokal Week.
Sedianya 40 karya terbaik dalam event ini bakal dicetak menjadi sebuah buku yang  diterbitkan oleh penerbit bergengsi di negeri ini, dan royalti nya 100% akan disumbangkan ke kaum dhuafa (duhhh encezzz deh, mohon doanya yaaa DKers sekalian agar karya saya juga terpilih  hi hi ...ngarep boleh kannn timbang minder :))) semangattttt...ngatttt.....

Kali ini saya tuliskan resep original karya saya :) yaitu  Resep Talam Pedas Jagung Labu yang enyaaakk  dan sedapp

Talam Pedas Jagung Labu ini berbahan dasar jagung manis, labu. Talam ini memiliki rasa pedas gurih manis dan  aroma lezat yang berasal dari kombinasi harum daun salam, santan , lengkuas serta rebon.  Talam ini cocok untuk dijadikan kudapan atau isian snack box.  

Kita mulai saja yaa mencoba resepnya…

Resep Talam Pedas Jagung Labu (untuk 10 biji)
Bahan :

Jagung manis pipil  170 gram
Labu kuning yg telah direbus bersama 2 lembar daun salam  (haluskan) 190 gram
Putih telur 1 sendok makan
Maizena 5 sendok makan
Santan kental  1 sendok makan (lebih nikmat bila menggunakan santan asli)

Bumbu (dihaluskan/diuleg) :
Bawang putih 2 siung
Rebon 1 sendok teh
Cabe rawit kira kira 12 biji (saya pakai rawit giling 2 sendok makan)
Seruas jari  lengkuas/ laos kupas
Garam, gula putih dan penyedap rasa (bila suka) secukup nya


  
Cara Pembuatan :

  1. Haluskan  semua bumbu diatas, sisihkan
  2. Haluskan jagung manis hingga setengah halus, dan campurkan dengan labu rebus yang telah dihaluskan sebelumnya
  3. Campurkan hingga rata semua bumbu yang telah dihaluskan,  dengan jagung manis dan labu, tambahkan maizena, putih telur dan santan
  4. Cicipi apakah rasa asin/manis/gurih nya sudah pas, tambahkan garam/gula/penyedap bila perlu/bila suka.
  5. Gunakan cucing/cetakan talam untuk mencetak nya
  6. Olesi cucing dengan minyak goreng , dan masukkan adonan kedalam cucing, dan selanjutnya kukus selama kurang lebih 20 menit /hingga matang
  7. Setelah matang , tunggu hingga agak dingin dan lepaskan dari cetakan/cucing dengan bantuan ujung pisau tumpul
Nahhhh mudah sekali kannn. Oh ya resep ini bisa digunakan bagi yang sedang berdiet, karena mengandung sedikit lemak, dan nyaris tidak mengandung gluten. Selamat mencoba yaa …semoga resep ini bermanfaat


Promosi Kuliner Lombok :

Bagi teman teman, DKers tercinta yang ingin memesan Ayam Kodok, Mini Tumpeng, Cup Cakes, Cake, Bebek Kukus dkk untuk hantaran di Mataram, Cakranegara, Ampenan - Lombok, Nusa Tenggara Barat  dan sekitarnya silahkan WA/SMS 081 2375 8388 atau silahkan klik http ://djengkamto.blogspot.com

Kamis, 04 Desember 2014

Cake pesanan Ms. Teacher Kumon Pejanggik, Mataram

DKers tercinta apakabar ?

Alhamdulillah saya baikkkkk(nggak nanya:))..Ini mau share saja cake pesanan teacher di Kumon Pejanggik..semoga bisa menjadi ide, dan ada manfaatnya yaaa.

Request nya tulisannya jangan besar besar hi hi hi hi maap Ms. ketahuan yang buat jarinya jempol semua, tulisannya gedhue gedhue hi ihi....Maunya cake nya diantar pagi pagi sekali untuk kejutan bagi suami tercinta. Alhamdulillah cake nya siap jam 7 tet meluncurrrr.....terimakasih Ms. Maaf nggak pake dimention, takut dikasi PR banyak banyak :))

Zegerrrrr

Kok saya belum pernah ada yg ngirimi cup cake kaya gini ya :)
Bagi teman teman, DKers tercinta yang ingin memesan Ayam Kodok, Mini Tumpeng, Cup Cakes, Cake, Bebek Kukus dkk untuk hantaran di Mataram, Cakranegara, Ampenan - Lombok, Nusa Tenggara Barat  dan sekitarnya silahkan WA/SMS 081 2375 8388 atau silahkan klik http ://djengkamto.blogspot.com

Senin, 24 November 2014

Resep Sayur Bobor Daun Turi (ASI Booster)

Haiiiiiiiiiii DKers tercinta

Selamat siangg...apa kabar ? Alhamdulillah saya baik , masih hidup , iman Islam hi hihi (GR banget nggak ada yang nanya ini.
Berikut ini saya mau sharing saja, sayur yang uhmm cukup enak...dan bisa menjadi alternatif sayuran yang murah meriah, serta hampir pasti bebas pestisida.
Oh ya yang saya bicarakan ini adalah tentang Daun Turi....nhaa tau khann...itu tuhh yang biasa dijadikan tanaman perindang dipinggir sawah/pinggir jalan jalan desa. Kaya gini nih modelnya :



Kalau didesa asal saya di Jawa Timur, yang biasanya dimasak adalah bunga turi (terlebih dahulu dibersihkan bagian yang membuatnya pahit). Eh tapi ternyata di Lombok Nusa Tenggara ini, yang dimasak malah daun turinya...dan rasanya ueenuaaak banget (halah lebayyy)...nggak jauh beda dengan daun bayam. Bisa di jadikan urap urap ataupun sayur bobor.  Daun ini rupanya biasa dijadikan ASI booster bagi Ibu - Ibu yang masih menyusui...menarik khann ? Makanya yuk cobain yaa resepnya ...tradisional , murah , meriah, lezat dan almost 100% free pestiside ...eh yang nggak sedang menyusui pun boleh kok makan ini hi hihi hi

Pake lauk ikan dan sambel sebagai pelengkapnya :))

Campur kecambah kedelai dan tomat

Zeegerrrrrr
Resep Sayur Bobor Daun Turi  :

Bahan :
Daun turi 1 ikat
Lepaskan dari gagangnya dan remas menggunakan air hangat yang agak panas (atau dihalupi /bhs Jawa)
Tiriskan /peras daun turi nya agar tidak langu

Kecambah kedelai sekitar 100 gram
Tomat 2 biji potong
Santan kelapa sekitar 300mL

Bumbu yang dihaluskan :
Tempe kemarin (semangit) - kira kira 1 sendok
Ketumbar 1/2 sdt
Kencur seujung jari

Garam dan gula sesuai selera
Laos seujung jari, geprak

Cara :
1.  Rebus air kira kira 3 gelas blimbingan, biarkan mendidih
2. Masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan biarkan harum
3. Masukkan kecambah biarkan beberapa saat hingga empuk
4. Masukkan daun turi, tomat, dan biarkan mendidih kembali sebentar
5. Terakhir masukkan laos, santan, dan cicipi apakah ada yang perlu ditambahkan biar lebih sedap
    (misal gula/garam/penyedap bila suka)

Selamat mencoba yaaa...semoga bermanfaat

Sabtu, 22 November 2014

Resep Otak Otak Enak Ala Djeng Kamto

Hiiiii ....

Ini adalah resep otak otak andalan saya. Benernya otak otak ini kudapan dari mana yaa ? He he....Ada yang bilang Gersik, ada yang bilang Bojonegoro...au ah gelappp...he he pokoknya enakk dan anak anak suka.
Tadinya dapat resep dari hasil wira wiri di beberapa blog dan kalo nggak salah ingat lihat di Sajian Sedap.

Menurut saya siii enakk he he...tapi sekali lagi enak itu relatif yaaaa....Nha beberapa resep akhirnya diutak atik sendiri...beginilah hasilnya..


Otak - otak ala Djeng Kamto
Resep Otak Otak Enak Ala Djeng Kamto (Untuk 15 biji)
Bahan :
300 gram Ikan Merlyn (atau Ikan apa saja yang dagingnya putih should be OK ) - hancurkan dagingnya
Tepung sagu tani kira kira 8 sendok makan
Bawang merah 9 siung  diuleg bersama gula pasir 1/4 sendok teh (sedikiit bangett deh), garam dan lada secukupnya (pakai lada bubuk boleh juga) 
1 telur

Santan asli  kira kira 100 mL atau boleh juga pakai santan instan kara cair yang kecil 1 bungkus
Penyedap rasa bila suka atau boleh diskip 
Daun pisang dan lidi untuk semat secukupnya

Cara pembuatannya sangat sederhana :
Campurkan daging ikan yang telah dihancurkan, dengan telur, santan, bawang merah, gula pasir,  lada dan garam yang telah diuleg sebelumnya.
Masukkan sagu , dan uleni hingga tercampur rata - bungkus dengan daun pisang dan semat dengan lidi
Kukus otak otaknya dengan dandang kira kira 20 menit/api sedang
Setelah matang, dinginkan sejenak dan bakar diatas panggangan sebentar
Nhaaa...siap untuk disajikan sebagai kudapan.....mudah khan
Yang ngga mau repot..hi hihi pesan saja disaya ..hi hihi

Bagi teman teman, DKers tercinta yang ingin memesan Ayam Kodok, Mini Tumpeng, Cup Cakes, Cake, Bebek Kukus dkk untuk hantaran di Mataram, Cakranegara, Ampenan - Lombok, Nusa Tenggara Barat  dan sekitarnya silahkan WA/SMS 081 2375 8388 atau silahkan 
klik http ://djengkamto.blogspot.com

Black Forest dan Bebek Kukus Pesanan Mbak Indah

Masihhh berlanjut he he ...postingan pesanan Minggu ini yaa DKers tercinta ...semoga tidak bosan...
Ini dipesan oleh Mbak Indah yang ada di Surabaya untuk uhmmm Camer tercinta di sekitar Lembar , Lombok Barat.

Fyuhh ...lokasinya antaran sekitar 1 jam dari Mataram, dan tidak terlalu jauh dari jalan raya. Masalahnya he he di jalan masuknya tidak ada signboard nama perumahannya  he he ..jadi sempat kesasar sampai Pelabuhan Lembar:))) hi hi ...untungnya doyan jalan ini jadi kesasar dikit nggak masalah yaa....Alhamdulillah kue Giant Black Forest dengan topping buah dan bebek kukus pesanannya sampai ditangan Calon Mertua dengan selamat....Alhamdulillah

Foto fotonya biasa sajaa he he soalnya buru buru diberangkatkan dan sedang terik teriknya matahari siang he he h

Terimakasih pesanannya yaa Mbak Indah, semoga lancar PDKT nya dan kelak menjadi keluarga yang Samara serta menjadi mantu kesayangan...Aamiin
Bebek Kukus Yang Mak Nyuzzzz


Giant Black Forest Topping Buah
Bagi teman teman, DKers tercinta yang ingin memesan Ayam Kodok, Mini Tumpeng, Cup Cakes, Cake, Bebek Kukus dkk untuk hantaran di Mataram, Cakranegara, Ampenan - Lombok, Nusa Tenggara Barat  dan sekitarnya silahkan WA/SMS 081 2375 8388 atau silahkan klik http ://djengkamto.blogspot.com

Resep Kue Mendut Coklat untuk Event Chefmate


DKers tercinta hih ihi ini juga diposting mumpung masih ada resepnya.
Benernya resep ini saya kirim untuk ikutan event yang diadakan oleh Coklat Chefmate, nggak dapat juara utama siihhh...tapi lumayan dapat juga transferan dari Chefmate untuk 100 orang pengirim pertama ...ho ho Alhamdulillah....yuk kita mulai yaa resepnya

 Saya senang dengan foto ini :))

Resep Kue Mendut Coklat

Bahan Isian : 
Chefmate DCC 125 gram disisir , dan dicairkan ½ Buah kelapa yang agak muda ukuran sedang, dikupas dan diparut kasar (disosoh)

Bahan Kulit :
Tepung ketan 300 gram, tepung beras 1 sendok makan munjung, santan kental yang telah direbus dengan 1 lembar pandan wangi (panas – hangat hangat kuku) sekitar 300 CC, garam sejumput kecil, 1 sendok makan minyak goreng untuk olesan Daun pisang untuk pembungkus

Cara pembuatan :
 Isi:
Kukus kelapa kira kira selama 20 menit (agar isian tidak cepat basi nantinya) 2. Setelah itu campurkan kelapa dengan Chefmate yang telah dicairkan dan aduk rata – biarkan dibaskom terpisah

Kulit :
Campurkan tepung ketan, tepung beras dan garam dalam baskom - aduk rata 2. Tuangi santan sedikit sedikit hingga kalis, dan tidak lengket ditangan

Penyelesaian :

Siapkan selembar daun pisang, dan letakkan bahan kulit diatas daun kemudian berikan isian kira kira 1 sdt munjung. Tutup adonan (bulat/kotak – tergantung selera) , dan rapikan agar tidak bocor 3. Olesi adonan yang berada diatas daun dengan minyak goreng (boleh juga menggunakan sisa santan) – tujuannya agar adonan tidak lengket dengan daun 4. Kukus selama kurang lebih 20 menit 5. Siap disajikan, lebih nikmat disajikan setelah dibiarkan dingin (pada suhu ruang) - semoga bermanfaat yaaaa