Kamis, 05 November 2015

Ini Resep Sayur Lebuy Eh Bukan Lebay

Hi DKers tercinta apa kabarrr ?
Semoga semua sehat walafiat , berbahagia dan diberikan rejeki yang cukup serta barokah (iya iyaa yaaaaaaa...Aamiin Yaa Robbal Alamiin)

Pagi ini pingin sedikit berbagi ...yaa ini namanya Sayur Lebui, saya tahu ini dari Bibi penjual sayur dan tetangga yang aseli Sasak.
Mulanya saya nggak ngerti dipasar sering kali melihat semacam kacang kacangan. Penampakannya sebelum dikupas mirip mirip kacang kapri, tapi kulitnya agak berbulu ...lebih tepatnya mirip kedelai/edamame mungkin yaa...tapi agak gendutan. Sering dijual dalam bentuk utuh/belum dikupas , atau dijual dalam bentuk kupasan berwarna hitam keunguan.
hhh hi hi hi)



Mirip kedelai/edamame/kacang kapri tapi lebih gendut dan agak berbulu
Tadinya saya pikir ahh ini kacang kacangan biasaaa...ternyata oh ternyata bijinya keraaaas :)))...
Meski aseli desa:), ditempat saya dilahirkan belum pernah menemukan sayur ini. Menurut tetangga dari Jawa, ada yang menyebut biji bijian ini dengan sebutan gundo, sedangkan di Bali kabarnya dikenal dengan nama sayur/jukut undis, nhaa kalo di Lombok oleh Suku Sasak disebut lebuy. Sayur/biji bijian ini bisa dimasak untuk campuran plecing, campuran sayur berkuah misal  sayur asem atau dimasak dengan bumbu semacam sup ringan dengan campuran daging sapi (eh daging sapi nya hampir pasti enakkk la

Ketimbang penasaran akhirnya coba coba masak sayur ini...yukk...Saya masak yang versi campur kangkung nya yaaa...Resepnya masih kira kira saya dan ikutan tetangga yang kebetulan seneng masak :))

Resep Tumisan Sayur Lebuy Kangkung
Bahannya :

  1. Rebus 1 bungkus biji lebuy kupas (kira kira 250 gram) hingga empuk , tiriskan,  air bekas rebusannya yang berwarna kehitaman boleh dibuang atau dipakai jika kita ingin memasak sayur lebuy berkuah misalnya sop atau sayur asem
  2. Siapkan seikat kangkung yang telah dicuci dan dipotong
  3. Sedikit minyak goreng untuk menumis
Bumbu :
  1. Bawang merah kira kira 4 siung besar
  2. Bawang putih 1 siung
  3. Garam, gula sedikit (hi hi hi Jawa bangetttt...masak apa apa pakai gula:))
  4. Cabai rawit kira kira 7 biji
  5. Penyedap rasa bila suka
  6. Terasi enak yang telah digoreng, 1 sdt 
  7. Mungkin harusnya pakai lengkuas lebih enak yaa, tetapi kata tetangga nggak usah pakai lengkuas
Cara :
  1. Haluskan/uleg semua bumbu diatas hingga halus
  2. Panaskan minyak diwajan, dan tumis semua bumbu hingga harum
  3. Masukkan biji lebuy yang telah direbus sebelumnya, campurkan dengan potongan kangkung
  4. Tumis kembali hingga harum mewangi sepanjang hariiii he he angkat dan siap disantap bersama nasi hangat...
Semoga bermanfaat yaaa...




Rasanya ada sensasi empuk kenyal (bukan atos/keras yaa)...enyaaakk


Bagi teman teman, DKers tercinta yang ingin memesan Ayam Kodok, Mini Tumpeng, Cup Cakes, Cake, Bebek Kukus dkk untuk hantaran di Mataram, Cakranegara, Ampenan - Lombok, Nusa Tenggara Barat  dan sekitarnya silahkan SMS 081 2375 8388 atau silahkan klik http ://djengkamto.blogspot.com


Selasa, 13 Oktober 2015

Resep Nasi Balap Nasi Puyung Lombok


DKers tercinta apa kabarrr ??

Semoga kabarnya menyenangkan sehat wal afiat dan bahagiaaa selaluuu:))
DKers sebenarnya mau posting ini sudah lama bangettt...cuma ragu ragu ndat ndut nggak berangkat berangkat he he he...soalnya yang diposting agak kelas berat begituu...
Hiyaaaa...bagi yang belum pernah maem, ini diaa...yang disebut Nasi Balap atau ada juga yang menyebut Nasi Puyung, ada yang menambahkan lagi Khas Sasak, Lombok. Nah loo..saya mau posting kok ya gimana gitu, sungkan sungkan doyan **eh he he. Tapi mau nggak diposting kok yaa sayang, entar banyak yang penasaran....seperti apa penampakannya
Resepnya masih main kira kira, tapi soal rasanya insyaAllah nggak jauh beda sama Nasi Balap Puyung di rumah makan terkenal di Mataram **duh GR.
Nasi Puyung ini mungkin kalau di daerah lain yaa mirip mirip nasi bungkus lah, dengan berbagai macam versinya. Misal di Blitar Jawa Timur ada Nasi Bantingan, atau di Bali ada Nasi Jinggo, atau di Solo ada Sego Kucing meong meong he he he
Konon kata orang orang kenapa disebut Nasi Balap karena tadinya nasi campur dengan bungkusan khas/lancip ini  banyak dijual di Terminal Bis lama  di Cakranegara , nah karena pedaaass banget maka yang menyantapnya banyak yang huhhh hahhh kepedasan dan balapan karena pengin cepet cepet dihabiskan, ada juga yang bilang makannya cepet cepet karena takut ketinggalan bis/angkutan antar kota jadi disebut Nasi Balap. Ada juga yang menyebutnya Nasi Puyung konon menu ini tercipta dari seseorang yang berasal dari Daerah Puyung....Nah mana yang bener hanya Allah Yang Tahu...saya cuma seneng makan dan mencoba resepnya dengan versi kira kira (nggak mungkin kan nanya yang jualan he he takut dikeplaaak)


Bungkusnya lanciiiiip bangett pake dua lidi semat samping dan bawah
Kalau di Mataram sendiri yang terkenal antara lain Rumah Makan Nasi Balap Puyung Rinjani, atau RM. Cahaya (belakangan buka juga di dekat BIL = Bandara Internasional Lombok mennn he he), atau ada Juga RM Inaq Esun (Kabarnya ini yang pertama membawa Nasi Balap Puyung go populer )..belakangan makin banyak warung warung kecil yang menjual Nasi Balap ini dengan porsi lebih kecil dan harga yang jauh lebih murah tentunya...meski tanpa nama/merk

Oh ya Nasi Balap Puyung ini biasanya disajikan dengan nasi putih yang pulen/menggunakan beras yang berkualitas baik.Pelengkapnya antaralain : ayam pelalah/ayam sisit/ayam pedas, kacang goreng, kentang goreng yang berbentuk serpihan kecil (saat mentah kentangnya  diserut dengan parutan model panjang kaya parutan keju gitu yaa), sambal bawang merah yang super duper pedassss berwarna kehitaman.
Untuk menu premium biasanya kita boleh meminta tambahan potongan ayam goreng sayap/paha/dada, dan atau  tumisan sayur (biasanya tumisan buncis atau kombinasi buncis plus wortel yang dipotong seukuran korek api).
Kentang serut dan kacang gorengnya kriuks

Yuk kita mulai membuat Ayam Pelalah /Ayam Sisit sama sambalnya yaa (kacang gorengnya beli ajaaa he he murah meriah sebungkus limaribuan) :

1 Dada Ayam yng telah direbus, lepaskan dari tulangnya, suwir halus

Bumbunya :
Cabe rawit dan cabe merah  sesuai selera (saya pakai 100 gram campur cabe rawit dan cabe merah)
**Kalau yg mau cantik warnanya pakai Sebie Beaq (Cabe kering, banyak dijual di Pasar Tradisional NTB)
Bawang merah kira kira 7 siung besar
Bawang putih kira kira 3 siung
Serai 2 batang ambil putihnya
Lengkuas seruas geprak
Garam, Gula , penyedap secukupnya sesuai selera (masakan Sasak cenderung asin pedas yaaa)
***Gula boleh diskip, karena ini yang masak suka maniss makanya ditambahin gula :)), saya pakai gula merah biar lebih zzzedap

Kencur, jahe seujung jari/sedikit sekali
Terasi Lombok yang enak goreng 1 sdt
Kemiri goreng/sangrai 4 biji
Santan kental kira kira 100 mL (ada juga versi yang tidak pakai Santan karena telah menggunakan kemiri)
Jeruk limau

Cara Masak Pelengkap Nasi Balap :
Ayam Sisit/Ayam Pelalah ala saya
1. Haluskan/uleg semua bumbu diatas cabai besar/kecil, bawang merah putih, kemiri, terasi kencur, jahe
2. Tumis hingga harum semua bumbu diatas dengan sedikit minyak hingga harum
3. Masukkan ayam yang telah disuwir, goseng/aduk hingga bumbu merata
4. Masukkan santan kental, lengkuas, serai geprak, didihkan dan kecilkan api
5. Tambahkan gula, garam, penyedap bila suka, cicipi hingga pas
6. Tunggu sambil terus ditumis tumis/diaduk aduk hingga santan/ayam mengering (bukan gosong ya)
7. Terakhir masukkan potongan jeruk limau , sambil diaduk dan siap untuk diangkat/disajikan

 Kalau kacang gorengnya sih Mataram buanyak dijual secara matang dipasar, mau goreng sendiri hi hi males meletus meletus minyaknya au auuuuu
Kalau yang ingin membuat kacang gorengnya sendiri silahkan kira kira 250 gram kacang ose (yang putih ) direndam semalam, kemudian direbus dulu dengan bumbu bawang putih sera garam dengan minyak banyak ya. Minyaknya panas, dengan api yang sedang saja)
Be Ware ini biasanya meletus letus, jadi sebaiknya ditutupi yaa wajan/penggorengannya

Kentang Kering Pelengkap Nasi Balap Puyung :
1 Kg kentang kupas dan serut dengan parutan keju (punya saya yang gagangnya merah itu loh)
Tiriskan dalam wadah peniris sambil ditaburi merata garam/penyedap sesuai selera  - kentang siap digoreng hingga kering dan siap dijadikan taburan Nasi Balap Puyung - rasanya asin gurih crunchy kriuks
(Kentangnya diserut, goreng saja tanpa bumbu macam macam ala kering kentang/kentang ebi yaaa)
Pedaaaaassss bangettt

Sambalnya pakai sambal terasi goreng yaaa,...(tanpa tomat)
Kurang lebih bawang merah 250 gram, Kombinasi cabai rawit/merah 250 gram/sesuai selera
Bawang putih 2 siung
Garam, gula , penyedap sesuai selera
Terasi Lombok goreng 1 sdt
Goreng bawang merah, bawang putih, cabai, haluskan/uleg bersama garam/gula/penyedap
Tambahkan terasi goreng , uleg kembali dan goreng kembali dengan sedikit minyak agar lebih awet

 Kalau pingin pakai tumisan buncis, yang saya amati tumisannya bumbunya ringan saja pakai bawang putih iris, gula garam penyedap, lengkuas geprak dan tanpa kecap yaa

Sedikit tips :
Kunci kelezatan Nasi Balap Puyung ini ada pada terasi yang digunakan yaitu Terasi Lombok yang uenakk dan berkualitas baik, serta perasan jeruk limau nya. Jadi tanpa kedua item ini, masakan Nasi Balap Puyungnya hmmm kayaknya kurang syip dehh....

Nhaaa yangg kepingin yang ngecesss dan belum ada rencana ke Lombok...silahkan menuju dapur masing masing dan membuat Nasi Balap Puyung ini sendiri sendiri yaaa dengan bahan seadanya, sambil ngadep fotonya sambil membayangkan aromanya he he he he....

Semoga bermanfaat....



Bagi teman teman, DKers tercinta yang ingin memesan Ayam Kodok, Mini Tumpeng, Cup Cakes, Cake, Bebek Kukus dkk untuk hantaran di Mataram, Cakranegara, Ampenan - Lombok, Nusa Tenggara Barat  dan sekitarnya silahkan WA/SMS 081 2375 8388 atau silahkan klik http ://djengkamto.blogspot.com





Selasa, 15 September 2015

Resep Sambel Bajak Daging Dapur Djeng Kamto


DKers tercinta selamat sore...apa kabar ?
Semoga semua selalu baik dan berbahagia...Ini mau berbagi saja yaaa..resep sambel bajak ala dapur kami.
Sambel bajak ini meski pedaaaaassss...he he he tapi ternyata banyak pelanggan yang  menyukainya ...(pssstttt meskipun keluarga kami bukan pecinta sambal:)))....

Ini bahannya yaaa :
1. Cabe rawit 250 gram (boleh juga diganti 125 gram cabe rawit plus 125 gram cabe merah)
2. Bawang merah kupas 250 gram
3. Daging sapi cacah 250 gram
4. Terasi enak (saya pakai terasi aseli Lombok) 1 sendok teh
5. Serai diambil putihnya geprak 2 batang
6. Bawang putih 2 siung saja
7. Lengkuas 1 ruas kupas geprak
8. Garam kurang lebih 1 sdt
9. Gula merah 1 sdt
10. Penyedap bila suka / sesuai selera
11. Daun salam 2 lembar
12. Minyak goreng sedikit

Cara buatnya sederhana sajaaa:
1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai , terasi setelah harum, angkat
   dan haluskan bersama garam, gula
2. Tumis daging cacah dengan sedikit minyak goreng,  masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan diatas
    dan tumis kembali hingga harum
3. Masukkan serai dan lengkuas yang telah digeprak dan daun salam , tumis kembali sambalnya hingga tanak
4. Dinginkan, dan siap disimpan di toples atau diantar ke pelanggan :)))

Semoga bermanfaat....

Pakai cabe rawit bila suka pedas

Daging sapi kualitas bagus - cacah

Haluskan semua bumbu dengan cobek/ulek

Tumis semua hingga harummm- hmmm sedaaap
Bagi teman teman, DKers tercinta yang ingin memesan Ayam Kodok, Mini Tumpeng, Cup Cakes, Cake, Bebek Kukus dkk untuk hantaran di Mataram, Cakranegara, Ampenan - Lombok, Nusa Tenggara Barat  dan sekitarnya silahkan WA/SMS 081 2375 8388 atau silahkan klik http ://djengkamto.blogspot.com