Senin, 27 Juli 2015

Mari kita ke Kampung Panci Taman Dayu Pandaan Jawa Timur


Yuhuuuuuuuuuuuuuuu....hai selamat pagi DKers tercinta ....

Semangat di Hari Senin  yaaa....I love Monday :)) 

Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang jalan jalan gratisan saat liburan Bulan Romadon lalu di Jawa. He he bermodal punya SIM A, bisa baca peta , sedikit nekad, dan hoby lama doyan jalan....Alhamdulillah ada yang mau ngajak jalan jalan !

He he yang ngajak jalan  nggak main main...para Budhe yang sepuh sepuh yang pokoknya mau diantar jalan jalan dengan pengemudi perempuan :))) yang diharapkan lebih "pengertian" dengan kondisi para sepuh :))) Berbekal berbagai perlengkapannya misal syal, jaket, minyak angin, dan recehan buat singgah di toilet :)), mengerti dengan selera sepuh selama diperjalanan , uyon uyon gending Jawa gagrak lawas, dangdut  dan atau ada juga yang  mau request oldies semacam Andi Wiliams dkk pokoke kudu ngertiii dan sendika dawuh (atau bahasa gampangnya harus OK Boss:)

Sepanjang perjalanan mau request apapun  ditanggung gratis tis :)) **syarat dan ketentuan berlaku**
Masalah nya para sepuh ini mau nya hanya "dolan" biar nggak jenuh dirumah (mungkin beliau beliau ini kesepian...saking putra putrinya sudah "mentas"/dewasa semua). Mau nya dolan yang jauh, muter muter, biar nggak dirumah aja, biar ganti suasana,...cuma nggak jelas maunya kemana.
Ada yang  mengusulkan mau kepantai...cuma saya yang ogah dan ngeless:))  (secara di Mataram sudah dekat ke Pantai mosok ke pantai lagiiii....:), akhirnya usul punya usul akhirnya diputuskan tujuannya ke Kampung Panci Pandaan..nah loooo.....hi hi dimana tempat nya aselinya saya juga ngga tauuuu...untung ada Mbah Google.  OK Sepakat berangkatnya setelah subuh/sahur, meski para sepuh tidak ikutan Romadon karena berbeda keyakinan  tapi pasti suasana pagi dibulan puasa lebih rame dibanding hari hari biasa jadi beliau beliau ini tentu sudah bangun. Siiippp.

Berangkat pagi lewat Batu, sempat singgah di Kota Malang lumayan bisa bertemu dengan teman teman, dan Budhe Budhe bernostalgia he he di Celaket dsk.
Sekitar jam 12an sampailah di Kampung Panci . Setelah beberapa kali bertanya, Alhamdulillah sampai juga di Kampung Panci Pandaan ini.


Dari jalan utama Malang - Surabaya (Bukan Lewat Toll) pastikan kita ketemu dengan Taman Dayu (Ada plang besar KFC) . 
Bagi DKers yang dari arah timur dari Bali/Lombok yang tengah  berada di Jalur Pantura , Pasuruan - Surabaya...mungkin bisa masuk  lewat Tol baru Malang _ Surabaya dan turun di Taman Dayu lanjut masuk aja  (Mungkin 30 menit dari daerah Gempol/Warung warung Klepon he heh e ) .
Sebenarnya ada beberapa spot menarik untuk foto foto di Taman Dayu ini, hi hi i cuma mau foto foto kok yo sungkan...kecentilan bangettt hi hi takut dikira kurang sopan oleh para sepuh. Dari Taman Dayu masuk aja lurus jalan utama, ntar lihat lihat saja kesebelah kanan, ada plang tulisan seperti foto diatas.


Apa saja yang bisa dilihat di Kampung Panci ini ?? Tadinya saya kira ada puluhan toko panci semacam pasar begitu.....ternyata eh ternyata di lokasi Wisata Kampung Panci ini cuma ada sekitar 5 toko saja.
Cuma jangan tanya saat liburan ck ckckckckck....pengunjungnya berjubelllll sekedar cuci mata *** eh cuci mata harusnya pake borwater yaaa:)), atau pengunjung dari luar pulau datang untuk kulakan sodara sodara.

Kampung Panci Pandaan
Oven tangkring lokal, langseng dan dandang bakso lokal banyak di Kampung Panci
Dari hasil pengamatan yang dijual di Kampung Panci ini adalah produk kualitas bagus, ada juga yang KW 1, KW 2 , bahkan mungkin KW 28 he he he he...pokoknya di Kawasan Wisata Kampung Panci ini mind your own business deh...nggak usah sibuk ngurusin urusan orang lain. Kenapa?? Agar kita nggak salah ambil, dan bisa memilih barang yang betul betul OK .

Meski hanya ada sekitar 5 toko yang dijual disini macem macem banget. Semuanya barang baru ! Tinggal nanya saja sama kantong kita....mau yang bagus, mau yang KW 1 atau KW kesekian.
Kabarnya barang barang yang dijual disini sebagian adalah sortiran barang ekspor PT. Maspion ...bener atau tidak nya ngga tau yaa....

Dari hasil pengamatan panci panci enamel kaya yang difilm film kartun Masha & The Bear he he...semacam panci panci enamel Rusia begitu dengan bahan enamel (ada yang lapis teflon dan ada yang  tidak dilapis teflon) dengan berbagai macam warna...mulai panci rantang  teko cangkir yang blirik/blurik djadoel sampai yang model kekinian warna warni merah kuning hijau  biru ...ada semuaaaaaaaaaaaa disini .
Juga menjual sendok garpu, dan peralatan alumunium serta teflon wares , oven tangkring, loyang standar berbagai ukuran dengan harga sangat terjangkau **etapisayabukansalesnya :)))
Kampung Panci Pandaan
Panci "mulus" beginian banyak disana

Soal harga ? Tergantung kualitas mana yang kita pilih yaa...Kisaran harganya dari sekitar 5 ribu sampai paling mahal mungkin 250an ribu saja (ini untuk panci enamel putih besar banget)

Untuk DKers yang berbisnis rumah makan, depot,  catering ataupun yang suka food fotography /food styling rasanya tempat ini recommended . Kenapa ? Harganya jauh lebih murah bila dibanding toko toko pada umumnya, kedua banyak pilihan barang barang enamel unyuk unyuukk dengan harga murah bangetttt.

Cuma yaa itu barangnya ada yang bener bener bagus tanpa cacat, ada yang sortiran....jadi kudu teliti banget sebelum membeli.




Motretnya sambil jalan takut ditimpuk mas yang jualan he he...ini tumpukan barang kualitas bagus/tanpa bocel


Kalau mau deket parkirnya harus dempet dempetan...parkiran yang lega agak jauh kebelakang



Berada ditengah kampung, dengan akses masuk gang kecil

Ngantuuuukkkkk....nungguin yang sepuh

Panci seperti  diatas  ini terlihat mulushhh, cuma pada gagang atas/tutupnya ada bocel dikiiit seujung kuku  yang telah dicat ulang.
Rantang dibawah ini rantang yang baguus bukan KW yaaaa:))

Kampung Panci Pandaan
Ini aseli bagus bukan KW

Yang saya heran....sebanyak itu cacat produksinya...apa nggak pusing Quality Controlnya ? Apa ngga ada target yg ketat untuk barang yang dihasilkan agar  lebih bagus kualitas pengecatannya ?
Trus pertanyaan saya kemaren maren lupa ngga nanya ke penjualnya he he he...ini barang barang mau diekspor kemana sih kok standarnya tinggi sekali....panci dengan bocel sedikit saja sudah masuk menjadi barang sortiran.....bocelnya ada yang bener bener seujung kuku, bukan berlubang yaa...hanya kaya goresan luar seujung kuku.....



Yang bocel/gores mau diperbaik sebanyak iniiii



Oh yaa...sekedar info...barang barang di Kampung Panci ini katanya datangnya seminggu sekali dari pabriknya. Jangan heran kalau DKers menemukan barang barang enamel dengan bentuk atau warna shabby ala luar negeri :))))...............
Wadah wadah persegi atau oval ukuran sekitar 30 Cm,  enamel bertutup dengan warna shabby semacam di film film Eropa banyaak ada  disini he heh e saat Anda beruntung. Kenapa saya bilang begitu..?? Kemaren saat disana, saya sempat naksir wadah merah oval bertutup...cuma saya pikir pikir kembali ?? Mau buat wadah apa ? Cap cip cup kembang kuncup :))...mau beli mau buat apa nggak beli sayang juga...eh saat saya meleng sebentar...itu wadah sudah diembat Nona cantik dari luar pulau (Kalimantan kalo ngga salah) .Saat saya lihat belanjaannya diteras....ckckck...Ya Allah sudah berkarung karungggggg....mungkin si Mbak mau kulakan ....
Aseli sebenarnya saya pingin memotret lebih banyak dan lebih bagus lagi untuk sharing ke DKers tercinta...hi hi ...masalahnya saya lagi "on duty" sedang bertugas begituuu:)) jadi nggak enak hati kalau potrat potret terus terusan.

Sedikit tips dan info dari saya bagi yg hendak berkunjung ke Wisata Kampung Panci Pandaan :
  1. Pastikan DKers sudah makan cukup saat ke Kampung Panci , kenapa ? Agar tidak lapar perut agar tidak lapar mata
  2. Pilihlah barang dengan teliti, dan tenang (kondisinya saat kemarau agak panas, semacam kita berada di Pasar Tradisional). Jangan sungkan bertanya harga. Biasanya harga pas, dan petugas/pelayannya umumnya sopan dan ramah ramah meski kita tidak jadi membeli
  3.  Sekali lagi, pilih dengan tenang dan teliti...ada beberapa yang benar benar "sempurna/tanpa gores" ada yang  bocel/gores/berlubang/tambalan, ada yang dijual tanpa tutup aselinya (mereka menjual tutup kaca secara terpisah juga, dengan harga sekitar 5 ribu sd 15 ribu dengan diameter tutup terbesar sekitar 30 cm)
  4. Pastikan DKers tahu dengan apa hasil belanjaan DKers nantinya bakalan diangkut, karena akses Kampung Wisata Panci ini agak jauh (bila jalan kaki) ke jalur bis Malang - Surabaya
  5. Bila membawa anak kecil, pastikan ada yang menjaga mereka saat berbelanja, bawakan camilan dan mainan untuk anak anak kecil biar mereka tenang/tidak rewel ...banyak Ibu Ibu yang kalap saat melihat indahnya tumpukan panci yang murah meriah
  6. Bawa uang kecil , banyak disediakan toilet dengan kotak amal seikhlasnya.
  7. Bagi yang muslim, jangan khawatir ada Mushola yang cukup baik disana
  8. Saran he he bagi para pengelola yang mungkin membaca tulisan ini....mungkin bisa ditambah lagi toko tokonya agar lebih meriah

Nahhh gitu aja yaaa...semoga tulisan ini bermanfaat, dan liburan selanjutnya DKers tercinta bisa berkunjung ke Wisata Kampung Panci ini...salam manisss





3 komentar:

  1. beberapa hari kemarin saya anterin kluarga ke taman dayu sekaligus wisata panci jg, harga peralatan masak memasak memang lebih murah. Cocok buat ibu2 rumah tangga.

    BalasHapus
  2. kalau ingin beli di toko yg gede, masuk aja trus. Nanti di dalam ada toko yang lebih besar dengan pilihan produk panci yang lebih banyak.

    BalasHapus

Terimakasih kunjungannya, order/pertanyaan via SMS only : 081 2375 8388 - thanks for your coming