Selasa, 29 Januari 2013

Resep (Bukan) Pia Legong ala Djeng Kamto

Haiiiii sugeng siaaangg Dkers tercintahhh ....what ever u do and where ever you are....i would like to say thank you to come and visiting me:)))

Disini siang dan hujann derassss.....he he jadi enak nya kita buat Pia , Bukan Pia Legong yaa he he. Jadi ingat ingat si Pia Legong di Bali, yang kebetulan ruko nya dekat X-tempat kerja dulu di Bali. Rasanya memang enak (ada juga yang bilang terlalu  manisssssssss deng he he heh ...). 

Bagi yang belum tahu, kalau mau beli si Pia Legong kita harus inden dulu sekitar dua mingguan sambil nunjukin KTP/Identitas yang berlaku. Terus kita dibatasin per kartu identitas hanya boleh beli per rasa (ada rasa keju/coklat/original) 10 box, dan terakhir beli per box isi 10 pia seharga Rp.75.000,- (gileee bener khannnn he he he)
Udah gitu petugas alias si Mbak mbak yang jaga di ruko nya jutek jutekkkk bangeeeeet ngettt (mungkin dah kebanyakan order hingga kribo :))....mau senyum atau ngobrol kalo kita keluarin senjata he he (pake bilang Mbak Ci Fenny-nya mana (kayaknya si Ci Fenny ini pemiliknya)  ???

Dari bekal ngintip he he dan seringnya merasakan si Pia Legong ini he he...kalau nggak salah mentega yang digunakan adalah Merk Orchid :))....(Kalau pake Wysman kayaknya lebih berat lagi di ongkos/harga jual nya ).Dari versi kira kira ...hmmm mari kita coba menaklukkan si Pia ini ...siapkan waktu yang luang, dan situasi yang tenang yaaaaaaaach



Resep Bukan Pia Legong (jadinya 80 pia kecil atau 40 pia besar):
Bahan & cara pembuatan  kulit luar :
500 gr tepung protein rendah merk Kunci
1 sdt garam
185 cc air
120gr gula halus
100 mentega cair semua bhn uleni jd satu, kalis dan biarkan 1/2 jam bagi mjd 80 (kl mau gedean bg jd 40)

Bahan & cara pembuatan  kulit dalam :
300 gr terigu protein rendah merk Kunci, 200 cc mentega cair 
Aduk hingga kalis dan bulatkan jd 80 bulatan (atau 40 bulatan kalau mau lebih besar pia nya nanti )

Bahan & cara pembuatan isi :
Isi kacang ijo kupas 300 gr rendam 1/2 jam kemudian kukus(air nya seruas jari diatas kacang hijau kaya pas kita ngetim beras)
Setelah matang  blender hingga halus, campurkan   minyak 100 cc, gula 300gr
Dinginkan di suhu ruang, tambahkan keju cheddar parut sekitar 200 gram dan gula pasir 25 gram , campur rata
Bulatkan jd sktr 80 biji (atau  kalau mau gede ukurannya 40 biji)

Cara Penyelesaian :

  1. Bulatan kacang  hijau, dibungkus bhn kulit dalam terlebih dahulu, kemudian dibungkus  bahan kulit luar. 
  2. Bhn kulit luar digilas dulu dengan rolling pin memanjang (vertikal) ke depan , kemudian dilipat (dari depan kebelakang) dan gilas lagi spt metode gilas pastry (semoga bisa membayangkan yaa) . Fungsi menggilas mirip lipatan single pastri ini adalah untuk mendapatkan lapisan pada pia nya setelah matang.
  3.  Setelah kcg hijau terbungkus kulit dalam dan luar, tekan bulatannya dg menggunakan tengah telapak tangan (tujuannya agar pia bisa melendung mirip dome/kubah pada saat matang)
  4. Olesi bagian atasnya dengan kuning telur (Legong yang aseli nampak nya tidak pake olesan telur yaach)
  5. Oven kurleb 40 menit suhu sktr 180 C 
Fresh from the oven
                                                 

Nhaa sebenarnya ngga sulit khannn...cuma perlu ketelatenan tingkat tinggi hi hihi ,...jadi cobain yaa dirumah kalau mau enak pakai mentega dan keju nya yang halal dan bermerk :)). Biar nggak penasaran dan ncesssss alias ngilerrrr.....Semoga bermanfaat yaaaaaaaaach

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih kunjungannya, order/pertanyaan via SMS only : 081 2375 8388 - thanks for your coming