Selasa, 13 November 2012

Resep Martabak (Terang Bulan) Mini

Posting resep ini gara gara request seorang teman baik di Kawasan Blitar....yaaa Martabak manis (terang bulan) mini...yukkk langsung saja kita buat yaaa...ternyata tidak sulit lohhh

Topping keju meises...maknyuss


Bahan I & II (jadinya sekitar 20 biji)

Bahan I : 
Tepung terigu protein sedang 250 gram
Gula pasir 50 gram (boleh ditambah dikit kalau suka manis)
1/2 sdt Baking powder
1/2 sdt garam
350 ml susu cair
1 sdt ragi instant

Bahan II 
Telur 4 biji
1/2 sdt soda kue
50 gram gula pasir

Cara pembuatan :

  1. Campurkan semua bahan I (kecuali ragi), kocok dengan mixer kecepatan rendah sampai rata - baru masukkan ragi dan aduk asal rata
  2. Diamkan adonan bahan I ditempat tertutup (serbet/box) selama 1 jam
  3. Campur semua bahan II, dan kocok dengan menggunakan garpu. Setelah rata, campurkan bahan II dan bahan I (yang telah didiamkan selama 1 jam ) 
  4. Cetak dengan menggunakan cetakan bikang yang besar (cetakan teflon juga boleh) yang telah dipanaskan kurleb 15 menit (tergantung cetakannya yaaa) 
  5. (Didalam cetakan) tarik pinggiran adonan martabak dengan sutil kayu atau spatula untuk memberikan kesan pinggiran yang tinggi
  6. Agar serat muncul, cetakkan tidak perlu ditutup. Cetakan boleh ditutup setelah martabak hampir matang (untuk meratakan kematangannya ) ---aduhhh bahasanya semoga dimengerti yaaa
  7. Angkat/cungkil dan oleskan margarin/mentega segera panas panas
  8. Tuangkan susu kental manis dan berikan taburan sesuai selera

1 komentar:

  1. Nice Info.

    Buat yang biasa pakai ragi instant kalo boleh ngasih masukan, baiknya gak pake ragi instan. Cukup soda kue saja. Kalau pake ragi instan penampakannya jadi kaya bolu dan terasa agak asam.

    Tukang martabak tidak pake ragi hanya soda kue saja. Tapi kalau tidak pakai ragi memang perlu teknik yang agak rumit perlu ada yang ngajarin langsung.

    Kalau mau belajar bikin martabak saya siap membantu. Cukup beli loyang martabak saja Rp 265.000,- (loyang standar tukang martabak) Nanti kita ajarin langsung sekalian delivery order loyangnnya.

    Yang mau belajar konfirmasi melalui sms aja ke no 0877-89-2222-09 (khusus untuk wilayah JABODETABEK) kalau luar kota kejauahan.

    BalasHapus

Terimakasih kunjungannya, order/pertanyaan via SMS only : 081 2375 8388 - thanks for your coming