Senin, 31 Oktober 2011

Pastel Goreng Kriuk (Kulit Renyah)


Pastel Goreng Kriukkk

Pastel ini termasuk kue goreng yang laris maniss, sekarang pastel ini sudah bisa dipesan dari dapur Djeng Kamto  baik untuk jajanan arisan, isi kotak untuk berbagai acara atau hanya sekedar untuk menemani minum tehh di sore hari atau di hari minggu DKers. 
Pastel ini bisa dipesan dalam bentuk siap makan atau telah digoreng, ataupun dipesan dalam bentuk frozen /beku yang nanti bisa digoreng sendiri oleh DKers dirumah pada saatnya diperlukan.



Cara menggoreng pastel sendiri tidaklah sulit, pertama ambil pastel beku dari Freezer , letakkan pada suhu ruang sekitar 30 Menit, dan kemudian goreng dalam minyak panas namun dg api sedang.



Ada banyak varian isian pastel (yang saya tahuuu nichh…..) antara lain pastel dg bumbu kare/biasanya disebut pastel Arab/Pastel India isiannya biasanya berupa wortel/ buncis dan daging sapi/kambing dg bumbu kare yang khas. Kemudian ada pastel “biasa” yang isiannya berupa wortel/buncis dg tambahan daging sapi/ayam dan kadang kadang ditambah potongan telur ayam, bumbunya biasanya dominan berupa bawang putih dan merica plus garam dan gula sedikit tentunya. Yang terakhir adalah pastel isi bihun. Biasanya pastel isi bihun ini dijual dengan harga yang agak murah, bumbu yang dominant adalah berupa bawang putih, merica garam dan sedikit gula. Jenis kulit pastel pun berbagai macam..ada yang kriuksss...ada juga yang lembek semacam kulit risoles...tergantung resep dan tergantung pesanan lah he he he ...

Berikut ini resep pastel yang biasanya saya gunakan diambil dari buku Seri Quick Cooking Kroket, Risoles, dan Pastel Goreng penulisnya adalah Albertin Hoesni terbitan PT. Gramedia Pustaka utama :

Bahan Kulit Pastel :
300 gram terigu (saya pakai segitiga)
¼ sdt garam
80 gram mentega (saya pakai margarine)
1 butir telur
75 mL air (saya pakai air es)

Cara pembuatan kulit pastel :
  1. campur seluruh bahan kulit jadi satu, uleni hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk
  2. Diamkan adonan dalam keadaan tertutup selama 30 menit
  3. Giling adonan hingga kalis dengan gilingan mi, dimulai dari yang paling tebal sampai ukuran nomer 5 (saya pakai tangan saja)
  4. Adonan siap digunakan

Bahan Isi Pastel
2 sdm minyak untuk menumis
2 siung bawang putih haluskan
150 gram ayam rebus (saya pakai 2 lembar daging asap) potong dadu kecil
2 buah wortel ptong dadu
½ cm
50 gram buncis, iris halus
1 sdm kecap Inggris (saya tidak pakai)
50 air kaldu (saya tidak pakai)
1 sdt maizena larutkan dengan sedikit air
2 butir telur rebus potong masing masing menjadi 8 bagian

Cara pembuatan isi pastel :
  1. Panaskan minyak , tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging , wortel, dan buncis, aduk hingga daging berubah warna dan sayuran layu. Beri garam, merica, kecap Inggris, dan air kaldu. Setelah itu, kentalkan dengan larutan maizena
  2. Cetak bulat adonan kulit denga ukuran besar sesuai selera, beri isi secukupnya dan 1 irisan telur. Lipat dua, rekatkan dengan telur, dan pilin rapi
  3. Goreng pastel dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning keemasan dan kering. Angkat dan hidangkan   


    Selamat mencoba resepnyaaa....kalo nggak mau repottt, dan DKers mesen aja Pastelnya ke dapur Djeng Kamto...Anda senang kamipun senanggg :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih kunjungannya, order/pertanyaan via SMS only : 081 2375 8388 - thanks for your coming